Kebudayaan Taman Tugu Pal Putih: Kado Ulang Tahun Kota Jogja
01 Agustus 2016 - 15:55:41

Pada hari Senin 5 Oktober 2015, telah diresmikan Taman Tugu Pal Putih yang terletak di sisi Tenggara Tugu Pal Putih oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) D.I. Yogyakarta. Peresmian taman yang menyuguhkan informasi sejarah Tugu ini dihadiri oleh beberapa elemen penting pemerintahan Kota Yogyakarta.

Peresmian Taman ini bertepatan dengan hari jadi Kota Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 7 Oktober. Seperti yang diutarakan oleh Amat, perwakilan pemerintah Kota Yogyakarta,”Hadirnya Taman Tugu Pal Putih sebagai kado Ultah Kota Jogja dari Disbud DIY”. “Dengan adanya Taman ini diharapkan memperkuat penanda kota Yogyakarta sebagai kota filosofis” lanjutnya.

Pemerintah melalui Disbud DIY menganggarkan dana sebesar Rp 2,6 Milyar untuk mewujudkan taman yang dilengkapi dengan diorama serta replika Tugu Golong Gilig atau bentuk asli Tugu sebelum Tugu Pal Putih ini. Pengerjaannya dimulai tahun 2014 dan mengalami penyempurnaan pada bulan September kemarin.

Adanya Taman Tugu Pal Putih tak lepas dari peran DP2WB (Dewan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya) serta Disbud. “Kami berharap dengan adanya Taman dan diorama ini masyarakat dapat paham Tugu Pal Putih sebagai sumbu filosofis Yogyakarta”, tutur Umar, Kepala Disbud D.I. Yogyakarta.

About Author
Sample Image

admin

admin@gmail.com

Jawa Tengah

Facebook Twitter Google