Kegiatan Seksi Warisan Budaya Tegal, Awal dimulainya Rangkaian Kegiatan Travel Heritage
08 Agustus 2016 - 11:48:28

Travel Heritage merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY. Tahun 2015 lalu Dinas Kebudayaan DIY yang diwakili oleh Tim Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya DIY telah melakukan kegiatan Travel Heritage di 3 kota di Indonesia. Ketiga kota tersebut adalah Cirebon, Mojokerto dan Jakarta.

Tahun ini Travel Heritage juga akan dilakukan di 3 kota di Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Dian Lakshmi Pratiwi, Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan DIY, “3 kota yang akan menjadi tujuan Travel Heritage tahun ini adalah Tegal, Blitar dan Kalimantan Timur, untuk Kalimantan Timur masih kita diskusikan lagi kota tujuannya”, jelas Dian.

Rangkaian kegiatan Travel Heritage dimulai dari Tegal. “Senin besok (15 Agustus 2016.red) kami akan bertolak ke Tegal untuk memulai kegiatan Travel Heritage 2016”, paparnya.

Dipilihnya kota Tegal sebagai salah satu tujuan Travel Heritage tahun ini tak lepas dari sejarah Tegal itu sendiri. Flashback pada jaman Mataram, pada masa Amangkurat I terjadi pemberontakan yang mengakibatkan kehancuran di Pleret, ibu kota Mataram pada waktu itu. Hal tersebut memaksa Amangkurat I melarikan diri hingga ke Tegal dan akhirnya meninggal dan dimakamkan di Tegal.

“Atas dasar keterkaitan sejarah yang sangat erat ini kami memutuskan Tegal sebagai tujuan yang tepat untuk memulai rangkaian kegiatan Travel Heritage di tahun ini”, imbuh Dian.

Oleh : R.M.Anglir Bawono S.S.

About Author
Sample Image

admin

admin@gmail.com

Jawa Tengah

Facebook Twitter Google